KISI-KISI PRAUSBN BAHASA INDONESIA
KELAS XII MIPA & IPS
TAHUN 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII / MIPA & IPS
Bentuk Soal : PG (1- 45), Uraian (1– 5)
Kurikulum : 2013
Penulis Kisi-Kisi : Wardaya
Materi
|
Kelas
|
Indikator
|
BentukSoal
|
NomorSoal
|
|
Teks Nonsastra
|
XII
|
Disajikan sebuah wacana nonsastra, peserta didik dapat menentukan:
-
Ide pokok paragraf
-
jawaban pertanyaan yangs
sesuai dengan wacasna.
|
PG
|
1
2
|
|
Teks Nonsastra
|
XII
|
Disajikan sebuah wacana nonsastra, peserta didik dapat menentukan:
-
Kalimat
yang tidak padu dalam paragraf
-
Makna istilah yang
terdapat dalam teks
-
Tujuan penulis dalam paragraf
|
PG
|
3
4
5
|
|
Teks Nonsastra, Fakta dan Opini, Kata Baku Tidak Baku
|
X, XI, XII
|
-
Disajikan dua teks nonsastra, peserta didik
dapat menentukan:
-
Perbedaan isi kedua teks
-
Kata tidak baku
dalam kutipan teks 2
-
Pernyataan yang berupa fakta dalam kutipan teks
2
|
6
7
8
|
||
Biografi
|
X, XII
|
Disajikan kutipan biografi tokoh, peserta didik
dapat menentukan:
-
Keteladanan dari.
-
Jawaban pertanyaan sesuai
dengan kutipan biografi.
|
PG
|
9
10
|
|
Teks Editorial
|
XII
|
Disajikan teks editorial, peserta didik dapat
menentukan:
-
Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana.
-
Pihak yang dituju dalam teks tajuk rencana.
|
PG
|
11
12
|
|
Cerpen
|
XI
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan:
-
Masalah yang diungkapkan dalam kutipan cerpen.
-
Suasana yang tergambar dalam
kutipan cerpen.
-
Nilai moral
dalam kutipan cerpen.
|
PG
|
13
14
15
|
|
Novel
|
X, XII
|
Disajikan kutipan novel, peserta didik
dapat menentukan:
-
Pendeskripsian watak tokoh.
-
Pembuktian latar dalam cerpen.
-
Hal yang terdapat dalam
kutipan novel yang masih ditemukan dalam kehidupan saat ini.
-
Amanat
yang terdapat pada kutipan novel
|
PG
|
16
17
18
19 |
|
Gurindam
|
X
|
Disajikan gurindam, peserta didik dapat menentukan Amanat yang terkandung dalam gurindam.
|
PG
|
20
|
|
Pantun
|
X
|
Disajikan pantun yang rumpang salah satu lariknya, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk melengkapi pantun.
|
PG
|
21
|
|
Paragraf Padu
|
X, XI
|
Disajikan enam kalimat acak yang bernomor, peserta didik dapat menentukan urutan
kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang baik.
|
PG
|
22
|
|
Cerpen
|
XI
|
Disajikan dua kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan Persamaan isi kedua kutipan cerpen.
|
PG
|
23
|
|
Paragraf Padu
|
X, XI
|
Disajikan satu kalimat pernyataan dan enam kalimat penjelas, peserta didik dapat menentukan kalimat penjelas yang mendukung kalimat pernyataan.
|
PG
|
24
|
|
Paragraf Padu, Kata Baku Tidak Baku
|
X, XI
|
Disajikan paragraf yang rumpang empat bagian, peserta didik dapat menentukan kata baku yang tepat untuk mengisi bagian rumpang paragraf.
|
PG
|
25
|
|
Paragraf Padu
|
XI
|
Disajikan paragraf yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf.
|
PG
|
26
|
|
Paragraf Deskripsi
|
X
|
Disajikan paragraf deskripsi
yang rumpang, peserta didik dapat menentukan Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi
kalimat yang rumpang dalam paragraf.
|
PG
|
27
|
|
Peribahasa
|
XI
|
Disajikan paragraf yang
rumpang, peserta didik dapat menentukan peribahasa
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf.
|
PG
|
28
|
|
Ungkapan
|
XI
|
Disajikan paragraf yang
rumpang, peserta didik dapat menentukan ungkapan
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang.
|
PG
|
29
|
|
Kalimat Baku
|
X, XI
|
Disajikan sebuah kalimat
tidak baku, peserta didik dapat menentukan
perbaikan kalimat tersebut.
|
PG
|
30
|
|
Paragraf Sebab Akibat
|
X, XI
|
Disajikan sebuah paragraf,
peserta didik dapat menentukan kalimat sebab-akibat
sesuai
dengan teks.
|
PG
|
31
|
|
Resensi, Kritik dan Esai
|
XI, XII
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan:
- Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan
sesuai kutipan cerpen.
- Kalimat esai berdasarkan kutipan cerpen.
- Kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen.
|
PG
|
32
33
34
|
|
Pemakaian Tanda Hubung
|
X, XI
|
Disajikan lima kalimat
yang menggunakan tanda hubung dan salah satunya salah, peserta didik dapat
menentukan penulisan tanda baca hubung yang tidak
tepat.
|
PG
|
35
|
|
Penulisan Nama Gelar
|
X, XI
|
Disajikan lima kalimat
yang menggunakan nama gelar yang dua diantaranya salah, peserta didik dapat
menentukan dua penulisan nama gelar yang tidak
tepat.
|
PG
|
36
|
|
Penulisan Ejaan dan Tanda Baca
|
X, XI
|
Disajikan sebuah paragraf
yang salah satu kalimatnya menggunakan ejaan dan tanda baca yang salah,
peserta didik dapat menentukan perbaikan ejaan dan tanda
baca yang tepat pada kalimat.
|
PG
|
37
|
|
Kata Rujukan
|
X, XI
|
Disajikan sebuah paragraf
yang salah satu kalimatnya menggunakan kata rujukan , peserta didik dapat menentukan acuan kata rujukan yang terdapat dalam
paragraf.
|
PG
|
38
|
|
Majas
|
XI
|
Disajikan kutipan puisi,
peserta didik dapat menentukan majas
asosiasi yang terdapat pada kutipan puisi.
|
PG
|
39
|
|
Majas
|
XI
|
-
Disajikan puisi yang
rumpang, peserta didik dapat menentukan majas yang tepat untuk melengkapi puisi.
|
PG
|
40
|
|
Cerpen
|
XI
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan:
-
Konflik yang terdapat
pada kutipan cerpen.
-
Penyebab konflik pada
kutipan cerpen.
-
Akibat konflik pada
kutipan cerpen.
|
PG
|
41
42
43 |
|
Novel
|
X,XI, XII
|
Disajikan kutipan novel
yang rumpang, peserta didik dapat menentukan Kalimat
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan novel.
|
PG
|
44
|
|
Teks Negosiasi
|
X
|
Disajikan kutipan teks
negosiasi, peserta didik dapat menentukan kalimat imperatif
(perintah) dalam kutipan teks negosiasi.
|
PG
|
45
|
|
U R A I A N
|
|||||
SUMBER
|
INDIKATOR
|
||||
Teks Anekdot
(Struktur)
|
X
|
·
Buku
cetak kls.X
·
Internet
|
Disajikan kutipan teks
anekdot, peserta didik dapat menunjukkan strukturnya.
|
Uraian
|
1
|
Karangan Ilmiah
(Kerangka Karangan)
|
XI
|
·
Buku
cetak kls.X
·
Internet
|
Disajikan sebuah judul,
peserta didik dapat membuat kerangka isi
sebanyak lima ide sesuai dengan judul.
|
Uraian
|
2
|
Cerpen/Novel
|
X/XI
|
·
Buku
cetak kls.X, XI
·
Internet
|
Disajikan sebuah cerita
yang belum selesai, peserta didik dapat melanjutkan
menjadi sebuah cerita singkat (maksimal 10 kalimat) yang mengandung sebuah
amanat, kemudian menyebutkan cerita amanat tersebut .
|
Uraian
|
3
|
Penulisan Ejaan, Konjungsi
|
XI/XI
|
·
Buku
cetak kls.X, XI
·
Internet
·
Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
|
Disajikan sebuah paragraf yang menggunakan beberapa kata tidak baku
dan beberapa konjungsi yang salah, peserta didik dapat memperbaiki kata yang
tidak baku tersebut dan mengganti konjungsi yang salah dengan konjungsi yang
tepat.
|
Uraian
|
4
|
Ringkasan
|
XI
|
·
Buku
cetak kls.X, XI
·
Internet
|
Disajikan wacana tiga paragraf, peserta didik dapat membuat
ringkasannya sebanyak tiga kalimat.
|
5
|
Jakarta,
1 Maret 2019
Penyusun,
Wardaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.