KISI-KISI TRY OUT 2 UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
BAHASA INDONESIA
KELAS XII MIPA & IPS
TAHUN 2019/2020
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII / MIPA & IPS
Bentuk Soal : PG (1- 45), Uraian (46– 50)
Kurikulum : 2013
Penulis Kisi-Kisi : Wardaya
Materi
|
Kelas/
Semester
|
Indikator
|
BentukSoal
|
NomorSoal
|
Teks
Laporan
|
XII
|
Disajikan kutipan teks laporan, peserta didik dapat menentukan:
-
Kalimat fakta pada paragraf
-
kalimat tanya yang jawabannya sesuai kutipan teks
editorial
|
PG
|
1
2
|
Teks
Eksposisi
|
X
|
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan:
-
Kalimat penjelas yang sumbang/tidak padu
-
Makna istilah yang terdapat dalam paragraf
|
PG
|
3
4
|
Teks Editorial
|
XII
|
Disajikan kutipan teks editorial, peserta didik
dapat menentukan:
-
Opini penulis teks editorial
-
Keberpihakan penulis teks
editorial
|
|
5
6
|
Teks
Nonsastra
|
X
|
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan:
-
Kalimat utama paragraf
-
Tujuan
penulis
-
Kalimat
yang menggunakan kata tidak baku
|
PG
|
7
8
9
|
Teks
Eksposisi
|
X
|
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan:
-
Ide pokok paragraf
-
Simpulan isi paragraf
|
PG
|
10
11
|
Teks
Argumentasi
|
X
|
Disajikan dua kutipan wacana, peserta didik dapat menentukan Persamaan kedua teks
|
PG
|
12
|
Unsur Intrinsik Novel
|
XII
|
Disajikan kutipan novel, peserta
didik dapat menentukan:
-
Cara penggambaran awatak tokoh.
-
Pernyataan yang
membuktikan latar suasana
-
Konflik dalam kutipan
|
PG
|
13
14
15
|
Nilai Kehidupan dalam
Cerpen
|
XI
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik
dapat menentukan Keterkaitan nilai moral dengan kehidupan
sehari-hari
|
PG
|
16
|
Unsur Intrinsik Novel
|
XII
|
Disajikan penggalan cerita, peserta didik
dapat menentukan:
-
Amanat yang terdapat dalam kutipan
-
Watak tokoh
-
Pendeskripsian watak tokoh
|
PG
|
17
18
19
|
Cerpen
|
XI
|
Disajikan dua kutipan cerpen, peserta didik
dapat menentukan persamaan
unsur intrinsik kedua teks
|
PG
|
20
|
Teks
Argumentasi
|
X
|
Disajikan satu kalimat pendapat dan lima kalimat argumentasi, peserta didik dapat menentukan kalimat argumentasi yang mendukung pendapat.
|
PG
|
21
|
Teks
Argumentasi
|
X
|
Disajikan kalimat-kalimat acak yang bernomor, peserta didik
dapat menentukan urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf eksposisi yang padu.
|
PG
|
22
|
Teks
Argumentasi
|
X
|
Disajikan paragraf argumentasi rumpang, peserta didik dapat
menentukan kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf.
|
PG
|
23
|
Teks
Argumentasi
|
X
|
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya salah,
peserta didik dapat menentukan perbaikan kata yang salah/bercetak miring pada paragraf.
|
PG
|
24
|
Frasa
Adjektiva
|
XI
|
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan beberapa bagian,
peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang tepat
untuk melengkapi bagian rumpang paragraf.
|
PG
|
25
|
Kata
Serapan
|
X, XI
|
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan beberapa bagian,
peserta didik dapat menentukan kata serapan yang tepat
untuk melengkapi paragraf.
|
PG
|
26
|
Kata
Berimbuhan
|
X, XI
|
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan beberapa bagian,
peserta didik dapat menentukan kata berimbuhan yang
tepat untuk melengkapi paragraf.
|
PG
|
27
|
Kata
Ulang
|
X, XI
|
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan beberapa bagian,
peserta didik dapat menentukan kata ulang yang tepat untuk melengkapi
paragraf.
|
PG
|
28
|
Peribahasa
|
XI
|
Disajikan sebuah paragraf ilustrasi yang rumpang, peserta
didik dapat menentukan peribahasa yang sesuai untuk melengkapi ilustrasi
|
PG
|
29
|
Ungkapan
|
XI
|
Disajikan sebuah paragraf ilustrasi, peserta didik dapat
menentukan ungkapan
yang sesuai dengan ilustrasi.
|
PG
|
30
|
Ceramah
Kalimat
Persuasif
|
XI
|
Disajikan teks ceramah yang rumpang, peserta didik dapat
menentukan kalimat persuasif yang tepat melengkapi kutipan pidato.
|
PG
|
31
|
Karya
Ilmiah
Latar
Belakang
|
XI
|
Disajikan tema karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan kalimat latar belakang yang sesuai dengan tema.
|
PG
|
32
|
Karya
Ilmiah
Penulisan
judul
|
XI
|
Disajikan beberapa judul, peserta didik dapat menentukan penulisan
judul yang tepat.
|
PG
|
33
|
Teks
Eksposisi
Kata
Rujukan
|
X
|
Disajikan sebuah paragraf yang mengandung kata rujukan,
peserta didik dapat menentukan makna
kata rujukan yang bercetak miring pada paragraf.
|
PG
|
34
|
Novel
Unsur
Intrinsik
|
XII
|
Disajikan dua kutipan novel, peserta didik dapat menentukan perbedaan
tema kedua kutipan novel tersebut.
|
PG
|
35
|
Majas
|
XI
|
Disajikan kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan kalimat
bermajas dalam kutipan puisi tersebut.
|
PG
|
36
|
Penulisan
Ejaan
|
X, XI
|
Disajikan sebuah paragraf yang kurang penggunaan tanda
bacanya, peserta didik dapat menentukan tanda baca yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut.
|
PG
|
37
|
Penulisan
Ejaan
|
X, XI
|
Disajikan lima kalimat yang mengandung nama dan gelar, peserta
didik dapat menentukan penulisan gelar yang tidak tepat.
|
PG
|
38
|
Teks
Deskripsi
|
X
|
Disajikan sebuah paragraf deskripsi yang rumpang, peserta
didik dapat menentukan kalimat deskripsi yang tepat untuk
melengkapi bagaian rumpang paragraf tersebut.
|
PG
|
39
|
Teks
Argumentasi
|
X
|
Disajikan sebuah paragraf argumentasi, peserta didik dapat
menentukan pernyataan sebab akibat yang sesuai dengan
isi teks tersebut.
|
PG
|
40
|
Penggunaan
Tanda Baca
|
X, XI, XII
|
Disajikan enam kalimat yang beberapa kalimatnya penggunaan
tanda bacanya tidak benar, peserta didik dapat menentukan kalimat yang penggunaan tanda bacanya tepat.
|
PG
|
41
|
Teks
Editorial
|
XI
|
Disajikan kutipan teks editorial, peserta didik dapat
menentukan:
-
Maksud penulis
-
Keberpihakan penulis
|
|
42
43
|
Puisi
|
X
|
Disajikan kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan makna
kias baris dalam puisi.
|
|
44
|
Teks
Eksposisi
Inti
Kalimat
|
X
|
Disajikan sebuah paragraf eksposisi yang salah satu kalimatnya
merupakan kalimat komplek, peserta didik dapat menentukan inti kalimat dari kalimat komplek
pada paragraf tersebut.
|
PG
|
45
|
|
||||
UStruktur
teks Cerita Sejarah
|
XII
|
Disajikan teks cerita sejarah,
peserta didik dapat mengidentifikasi strukturnya.
|
Uraian
|
46
|
Ciri
Kebahasaan Teks Cerita Sejarah
|
XII
|
Disajikan teks cerita sejarah,
peserta didik dapat mengidentifikasi ciri kebahasaannya.
|
Uraian
|
47
|
Struktur
Teks Eksposisi
|
X
|
Disajikan teks eksposisi, peserta didik
dapat menunjukkan strukturnya.
|
Uraian
|
48
|
Kalimat
Efektif
|
XI/XII
|
Disajikan lima kalimat tidak efktif, peserta didik dapat
memperbaikinya menjadi kalimat efektif.
|
Uraian
|
49
|
Teks
Editorial/Fakta dan Opini
|
XII
|
Disajikan kutipan teks editorial, peserta didik dapat
menentukan kalimat fakta dan kalimat opini.
|
Uraian
|
50
|
Jakarta, 15 Januari 2020
Penyusun,
Wardaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.