KISI-KISI TRY OUT 1 BAHASA INDONESIA
TAHUN 2020/2021
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII / MIPA & IPS
Bentuk Soal : PG (1- 40)
Kurikulum : 2013
Penulis Kisi-Kisi : Wardaya
Materi |
Kelas/ Semester |
Indikator |
Bentuk Soal |
NomorSoal |
(2) |
(3) |
(4) |
(6) |
(7) |
Paragraf Padu, Isi Teks |
X, XI, XII |
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik
dapat menentukan: -
Kalimat
pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf tersebut -
Makna kata/istilah. |
PG |
1 2 |
Isi Teks Dialog |
X, XI |
-
Disajikan teks dialog, peserta didik menentukan hal yang disepakati dalam dialog. |
PG |
3 |
Isi Teks Nonsastra |
X, XI, XII |
- Disajikan kutipan dua teks
nonsastra, peserta didik menentukan perbedaan isi yang terdapat pada kedua kutipan. |
PG |
4 |
Ide Pokok Paragraf |
X, XI, XII |
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik
dapat menentukan ide pokok paragraf. |
PG |
5 |
Masalah dalam Teks Eksposisi |
X |
-
Disajikan teks nonsastra, peserta didik dapat
menentukan masalah yang
dibahas dalam teks eksposisi. |
PG |
6 |
Teks Nonsastra |
X, XI, XII |
Disajikan kutipan teks nonsastra, peserta didik
dapat menentukan: -
hal
yang tidak dijelaskan dalam teks. -
inti
kalimat pertama paragraf. |
PG |
7 8 |
Memahami Hikayat |
X |
Disajikan penggalan
hikayat, peserta didik dapat menentukan isi penggalan hikayat. |
PG |
9 |
Puisi |
X |
Disajikan kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan makna
lambing kata. |
PG |
10 |
Cerpen |
XI |
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik
dapat menentukan konflik dalam
kutipan. |
PG |
11 |
Cerpen |
XI |
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik
dapat menentukan nilai moral
dalam kutipan. |
PG |
12 |
Pantun |
X |
Disajikan dua pantun, peserta didik dapat menentukan perbedaan isi
kedua bait pantun. |
PG |
13 |
Cerpen |
XI |
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik
dapat menentukan keterkaitan
peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut
dengan kehidupan sehari-hari. |
PG |
14 |
Kritik sastra |
XII |
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat
menentukan kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi
kutipan. |
PG |
15 |
Konjungsi
antarkalimat |
XI, XII |
Disajikan teks nonsastra yang tiga bagiannya rumpang, peserta didik dapat
menentukan kata
penghubung antarkalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang. |
PG |
16 |
Paagraf padu |
X, XI, XII |
Disajikan sebuah paragraf yang rumpang, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang paragraf. |
PG |
17 |
Paagraf padu |
XI, XII |
Disajikan sebuah kalimat pendapat dan lima kalimat argumen, peserta didik dapat menentukan kalimat
argumen yang mendukung kalimat pendapat. |
PG |
18 |
Paagraf padu |
X, XI, XII |
Disajikan lima kalimat acak
yang diberi nomor, peserta didik
dapat menentukan
urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu. |
PG |
19 |
Teks Eksplanasi |
XI |
Disajikan paragraf eksplanasi
yang, peserta didik dapat menentukan struktur teks eksplanasi. |
PG |
20 |
Konjungsi |
X, XI, XII |
Disajikan sebuah paragraf yang mengandung konjungsi, peserta didik dapat menentukan variasi dari konjungsi tersebut. |
PG |
21 |
Teks Eksplanasi |
XI |
Disajikan kutipan teks
eksplanasi, peserta didik dapat menentukan struktur teks eksplanasi. |
PG |
22 |
Ungkapan |
XI, XII |
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik
dapat menentukan ungkapan yang
tepat untuk mengisi bagian rumpang kalimat. |
PG |
23 |
Konjungsi |
X, XI, XII |
Disajikan sebuah paragraf yang empat bagiannya rumpang, peserta didik
dapat menentukan kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang. |
PG |
24 |
Teks Prosedur |
XI |
Disajikan kutipan teks prosedur, peserta didik dapat menentukan struktur teks
prosedur |
PG |
25 |
Drama |
XI |
Disajikan penggalan teks drama yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam
penggalan drama. |
PG |
26 |
Teks Eksplanasi |
XI |
Disajikan kutipan teks eksplanasi, peserta didik
dapat menentukan struktur teks
eksplanasi. |
PG |
27 |
Karya Tulis Ilmiah |
XI |
Disajikan penggalan karya ilmiah, peserta didik
dapat menentukan bagian karya ilmiah berdasarkan isi dan cara penyajiannya. |
PG |
28 |
Teks Prosedur |
XI |
Disajikan penggalan teks
prosedur, peserta didik dapat menentukan kata-kata yang bermakna perintah/imperatif. |
PG |
29 |
Teks sastra |
XII |
Disajikan dua kutipan cerita, peserta
didik dapat menentukan: -
persamaan
kedua cuplikan cerita -
perbedaan
yang tampak pada kedua cuplikan |
PG |
30 31 |
Teks Eksplanasi |
XI |
Disajikan kutipan teks
nonsastra, peserta didik dapat menentukan alasan
teks tersebut digolongkan teks eksplanasi. |
PG |
32 |
Teks Anekdot |
X |
Disajikan kutipan teks anekdot, peserta didik dapat menentukan alasan teks
tersebut merupakan bagian orientasi teks anekdot. |
PG |
33 |
Kata Tidak Baku |
X, XI, XII |
Disajikan sebuah teks nonsastra, peserta didik
dapat menentukan kalimat yang
menggunakan kata tidak baku. |
PG |
34 |
Teks Nonsastra |
XI |
Disajikan dua kutipan nonsastra, peserta didik dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua
teks. |
PG |
35 |
Kalimat Efektif |
X, XI, XII |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat
menentukan perbaikan kalimat yang bercetak miring agar
menjadi kalimat yang efektif. |
PG |
36 |
Penulisan Judul Buku |
X, XI, XII |
Disajikan sebuah kalimat yang mengandung judul, peserta didik dapat menentukan penulisan judul buku yang sesuai dengan
ejaan yang berlaku. |
PG |
37 |
Kalimat Efektif |
X, XI, XII |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat
menentukan perbaikan kalimat yang bercetak miring agar
menjadi kalimat yang efektif. |
PG |
38 |
Paragraf padu |
X, XI, XII |
Disajikan paragraf salah satu istilahnya tidak tepat penulisaannya, peserta
didik dapat menentukan perbaikan yang
tepat untuk istilah yang bercetak miring pada paragraf. |
PG |
39 |
Paragraf padu |
X, XI, XII |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak tepat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang
tepat untuk memperbaiki kalimat nomor (4) agar paragraf tersebut padu. |
PG |
40 |
Jakarta, 15 Oktober 2020
Penyusun,
Wardaya, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.