KISI-KISI TRY OUT USBN BAHASA INDONESIA
KELAS XII MIPA & IPS
TAHUN 2019/2020
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII / MIPA & IPS
Bentuk Soal : PG (1- 40), Uraian (41 – 45)
Kurikulum : 2013
Penulis Kisi-Kisi : Wardaya
Materi
|
Kelas
|
Indikator
|
BentukSoal
|
NomorSoal
|
|
Teks Nonsastra
|
XII
|
Disajikan sebuah wacana nonsastra, peserta didik dapat menentukan:
-
Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf
-
arti kata tertentu yang terdapat pada
paragraf
|
PG
|
1
2
|
|
Teks Nonsastra
|
XII
|
Disajikan sebuah teks dialog, peserta didik dapat menentukan:
-
Hal yang disepakati dalam
dialog
|
PG
|
3
|
|
Teks Nonsastra, Perbedaan isi kedua kutipan teks
|
X, XI, XII
|
Disajikan dua kutipan teks nonsastra, peserta didik dapat menentukan:
-
Perbedaan isi kedua kutipan teks
|
4
|
||
Teks Nonsastra
|
X, XII
|
Disajikan sebuah paragraf,
peserta didik dapat menentukan:
-
Ide pokok
paragraf.
|
PG
|
5
|
|
Teks Nonsastra
|
XII
|
Disajikan kutipan teks
nonsastra, peserta didik dapat menentukan:
-
Masalah yang dibahas dalam teks eksposisi tersebut.
|
PG
|
6
|
|
Teks Nonsastra
|
XI
|
Disajikan kutipan teks nonsastra, peserta didik dapat
menentukan:
-
Hal yang tidak dijelaskan dalam teks tersebut.
-
Inti kalimat pertama teks tersebut.
|
PG
|
7
8
|
|
Teks sastra
|
X, XII
|
Disajikan kutipan cerita/hikayat, peserta didik dapat menentukan:
-
Isi penggalan hikayat tersebut.
|
PG
|
9
|
|
Tekssastra, puisi: makna lambang kata
|
X
|
Disajikan puisi, peserta didik dapat menentukan makna lambang kata dalam puisi tersebut
|
PG
|
10
|
|
Teks sastra: cerpen
|
X
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat
menentukan
konflik dalam
kutipan.
|
PG
|
11
|
|
Teks sastra: nilai kehidupan dalam cerpen
|
XI
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat
menentukan nilai moral dalam
penggalan cerpen.
|
PG
|
12
|
|
Teks sastra: pantun.
|
X
|
Disajikan dua bait pantun, peserta didik dapat menentukan perbedaan isi kedua bait
pantun tersebut.
|
PG
|
13
|
|
Teks sastra: cerpen
|
XI
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan keterkaitan peristiwa
dalam kutipan cerpen tersebut dengan
kehidupan sehari-hari.
|
PG
|
14
|
|
Teks sastra: resensi.
|
XI, XII
|
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat menentukan kalimat komentar yang
menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut
|
PG
|
15
|
|
Paragraf Padu: konjungsi
|
XI
|
Disajikan paragraf yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kata penghubung
antarkalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang.
|
PG
|
16
|
|
Paragraf Padu
|
X, XI, XII
|
Disajikan paragraf eksposisi yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat yang sesuai
untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut.
|
PG
|
17
|
|
Paragraf Padu
|
XI, XII
|
Disajikan satu kalimat pendapat dan lima kalimat argumen, peserta didik dapat menentukan dua kalimat argumen yang mendukung kalimat pendapat
tersebut.
|
PG
|
18
|
|
Paragraf Padu
|
XI, XII
|
Disajikan lima kalimat yang acak, peserta didik dapat menentukan urutan kalimat
tersebut agar menjadi paragraf padu.
|
PG
|
19
|
|
Paragraf Padu
|
XI, XII
|
Disajikan paragraf eksposisi yang rumpang, peserta didik dapat kalimat yang sesuai untuk melengkapi
paragraf eksposisi yang rumpang tersebut.
|
PG
|
20
|
|
Paragraf Padu: konjungsi
|
X, XI, XII
|
Disajikan sebuah paragraf yang mengandung konjungsi, peserta didik dapat menentukan variasi konjungsi dari
konjungsi yang dicetak miring.
|
PG
|
21
|
|
Puisi
|
X
|
Disajikan puisi, peserta didik dapat menentukan makna kata dalam pusii
tersebut.
|
PG
|
22
|
|
Ungkapan
|
XI
|
Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat untuk
mengisi bagian rumpang kalimat tersebut.
|
PG
|
23
|
|
Konjungsi
|
X, XI, XII
|
Disajikan paragraf yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang
tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut.
|
PG
|
24
|
|
Pantun
|
X
|
Disajikan dua bait pantun, peserta
didik dapat menentukan perbedaan isi kedua bait
pantun tersebut.
|
PG
|
25
|
|
Drama
|
XI
|
Disajikan kutipan drama yang rumpang , peserta
didik dapat menentukan kalimat yang
tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam penggalan drama.
|
PG
|
26
|
|
Drama
|
XI
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta
didik dapat menentukan konversi naskah drama
yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut.
|
PG
|
27
|
|
Karangan ilmiah
|
XI
|
Disajikan penggalan karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan bagian karya ilmiah dari penggalan tersebut.
|
PG
|
28
|
|
Paragraf padu
|
XI, XII
|
Disajikan empat kalimat
acak, peserta didik dapat menentukan susunan kalimat-kalimat
tersebut menjadi paragraf yang padu.
|
PG
|
29
|
|
Novel, Cerpen
|
X, XI, XII
|
Disajikan dua kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan:
-
Persamaan kedua cuplikan cerita.
-
Perbedaan yang tampak pada kedua kutipan.
|
PG
|
30
31
|
|
Teks Eksplanasi
|
XI
|
Disajikan kutipan teks,
peserta didik dapat menentukan alasan bahwa teks tersebut merupakan teks
eksplanasi.
|
PG
|
32
|
|
Teks Anekdot
|
X
|
Disajikan kutipan teks,
peserta didik dapat menentukan alasan bahwa teks tersebut merupakan bagian
orientasi teks anekdot.
|
PG
|
33
|
|
Kata Baku
|
X, XI, XII
|
Disajikan kutipan teks
nonsastra yang salah satu kalimatnya menggunakan kata tidak baku, peserta
didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata tidak baku.
|
PG
|
34
|
|
Penaggunaan bahasa dalam teks nonsastra
|
X, XI, XII
|
Disajikan dua kutipan
teks nonsastra, peserta didik dapat menentukan perbedaan
penggunaan bahasa kedua teks tersebut.
|
PG
|
35
|
|
Kalimat fektif
|
X, XI, XII
|
Disajikan sebuah paragraph
yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan
perbaikan
kalimat yang bercetak miring agar menjadi kalimat yang efektif.
|
PG
|
36
|
|
Penulisan Judul
|
XI, XII
|
Disajikan sebuah kalimat
yang yang terdapat penulisan judul buku yang tidak baku, peserta didik dapat
menentukan penulisan judul buku yang sesuai dengan
ejaan yang berlaku.
|
PG
|
37
|
|
Kalimat Efektif
|
X, XI, XII
|
Disajikan sebuah paragraph
yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang
efektif untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut.
|
PG
|
38
|
|
Istilah
|
XI, XII
|
Disajikan sebuah paragraf
yang terdapat istilah yang tidak tepat, peserta didik dapat menentukan
perbaikan yang tepat untuk istilah yang bercetak miring pada paragraf.
|
PG
|
39
|
|
Paragraf padu
|
X, XI, XII
|
Disajikan sebuah paragraph
yang salah satu kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang tidak
padu agar paragraf tersebut menjadi padu.
|
PG
|
40
|
|
U R
A I A N
|
|||||
SUMBER BELAJAR
|
INDIKATOR
|
||||
Teks Anekdot
(Struktur)
|
X
|
·
Buku
cetak kls.X
·
Internet
|
Disajikan kutipan teks
anekdot, peserta didik dapat menunjukkan strukturnya.
|
Uraian
|
41
|
Karangan Ilmiah
(Kerangka Karangan)
|
XI
|
·
Buku
cetak kls.X
·
Internet
|
Disajikan sebuah judul,
peserta didik dapat membuat kerangka isi
sebanyak lima ide sesuai dengan judul.
|
Uraian
|
42
|
Cerpen/Novel
|
X/XI
|
·
Buku
cetak kls.X, XI
·
Internet
|
Disajikan sebuah cerita
yang belum selesai, peserta didik dapat melanjutkan
menjadi sebuah cerita singkat (maksimal 10 kalimat) yang mengandung sebuah
amanat, kemudian menyebutkan amanat cerita tersebut .
|
Uraian
|
43
|
Penulisan Ejaan, Konjungsi
|
XI/XI
|
·
Buku
cetak kls.X, XI
·
Internet
·
Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
|
Disajikan sebuah paragraf yang menggunakan beberapa kata tidak baku
dan beberapa konjungsi yang salah, peserta didik dapat memperbaiki kata yang
tidak baku tersebut dan mengganti konjungsi yang salah dengan konjungsi yang
tepat.
|
Uraian
|
44
|
Ringkasan
|
XI
|
·
Buku
cetak kls.X, XI
·
Internet
|
Disajikan wacana panjiangnya tiga paragraf, peserta didik dapat
membuat ringkasannya sebanyak tiga kalimat.
|
Uraian
|
45
|
Jakarta,
3 November 2019
Penyusun,
Wardaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.