KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GASAL
BAHASA INDONESIA KELAS XII MIPA & IPS
TAHUN 2020/2021
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII / MIPA & IPS
Bentuk Soal : PG (40 nomor)
Kurikulum : 2013
Penulis Kisi-Kisi : Wardaya
Materi |
Indikator |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan iklan lowongan pekerjaan, peserta didik
dapat menentukan kalimat pembuka lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut. |
PG |
1 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan penutup surat lamaran pekerjaan yang salah, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat
penutup surat lamaran pekerjaan tersebut. |
PG |
2 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan kalimat ilustrasi, peserta didik dapat menentukan penulisan identitas pelamar yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut. |
|
3 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan kutipan surat lamaran pekerjaan yang terdapat kesalahan, peserta didik dapat menentukan kesalahan penulisan
yang terdapat pada bagian surat lamaran. |
PG |
4 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan alamat surat lamaran pekerjaan, peserta
didik dapat menentukan penulisan alamat surat lamaran pekerjaan
yang benar. |
PG |
5 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan penggalan surat balasan lamaran pekerjaan, peserta didik dapat menentukan perbaikan surat
balasan lamaran pekerjaan tersebut yang tepat. |
PG |
6 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan model
penyusunan surat lamaran pekerjaan, peserta didik
dapat menentukan dua model penyusunan surat lamaran pekerjaan. |
PG |
7 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan Daftar Riwayat
Hidup, peserta didik dapat menentukan Daftar Riwayat
Hidup tersebut dalam surat lamaran pekerjaan termasuk bagian apa. |
PG |
8 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan hal-hal yang perlu dicantumkan dalam surat
lamaran pekerjaan , peserta didik dapat
menentukan salah satu hal yang harus dicantumkan dalam paragraf pembuka surat
lamaran pekerjaan. |
PG |
9 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang
salah, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat pembuka surat lamaran
pekerjaan tersebut. |
PG |
10 |
Surat Lamaran Pekerjaan |
Disajikan penggalan surat lamaran
pekerjaan yang salah, peserta
didik dapat menentukan kata yang penulisannya
tidak sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) pada penggalan surat
lamaran pekerjaan tersebut. |
PG |
11 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan tanggal
surat lamaran pekerjaan, peserta
didik dapat menentukan penulisan
tanggal surat lamaran pekerjaan yang benar. |
PG |
12 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan sebuah ilustrasi tentang iklan lowongan pekerjaan
disertai dengan dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan, peserta didik dapat
menentukan dua lampiran yang tidak
sesuai untuk dilampirkan. |
PG |
13 |
Surat Lamaran Pekerjaan |
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan kalimat penolakan lamaran pekerjaan yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut. |
PG |
14 |
Surat Lamaran
Pekerjaan |
Disajikan kalimat surat balasan lamaran pekerjaan, peserta didik dapat menentukan perbaikan surat balasan lamaran pekerjaan tersebut
yang santun. |
PG |
15 |
Ciri Kebahasaan
Surat Lamaran Pekerjaan |
Disajikan penutup surat lamaran pekerjaan, peserta didik
dapat menentukan jenis kata sapaan yang terdapat pada penutup surat lamaran
pekerjaan tersebut. |
PG |
16 |
Ciri Kebahasaan
Surat Lamaran Pekerjaan |
Disajikan penggalan surat lamaran
pekerjaan, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan yang terdapat pada penggalan
surat lamaran pekerjaan tersebut. |
PG |
17 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan penggalan teks novel
sejarah, peserta didik dapat menentukan kutipan tersebut termasuk struktur teks cerita/novel sejarah bagian apa. |
PG |
18 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan penggalan teks novel
sejarah, peserta didik dapat
menentukan nilai yang
terkandung. |
PG |
19 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan empat kalimat acak, peserta didik dapat menentukan urutan kalimat yang tepat sehingga membentuk teks cerita sejarah yang
runtut. |
PG |
20 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan teks sejarah, peserta didik dapat
menentukan bukti kutipan
tersebut bagian dari rangkaian peristiwa. |
PG |
21 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan penggalan teks novel
sejarah, nilai yang terkandung dalam penggalan teks novel
sejarah tersebut. |
PG |
22 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan
teks cerita sejarah, peserta didik dapat menentukan Latar waktu yang tampak pada
penggalan teks cerita sejarah tersebut. |
PG |
23 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan
kutipan
teks sejarah, peserta didik dapat menentukan pelajaran yang dapat
dipetik dari kutipan teks tersebut. |
PG |
24 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan
kutipan
teks sejarah, peserta didik dapat menentukan struktur teks sejarah
tersebut. |
PG |
25 |
Ciri Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
Disajikan
kutipan
teks sejarah, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan yang
terdapat pada kutipan teks sejarah tersebut. |
PG |
26 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan
kutipan teks, peserta didik dapat menentukan struktur teks cerita sejarah kutipan teks tersebut. |
PG |
27 |
Ciri Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
Disajikan teks cerita sejarah, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak padu pada teks cerita sejarah tersebut. |
PG |
28 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terkandung dalam penggalan
cerita tersebut. |
PG |
29 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan teks sejarah, peserta didik
dapat menentukan unsur yang dominan dalam
kutipan teks sejarah. |
PG |
30 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan
teks sejarah, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan kutipan teks sejarah tersebut. |
PG |
31 |
Ciri Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
Disajikan kutipan novel sejarah, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan novel
sejarah tersebut. |
PG |
32 |
Ciri Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
Disajikan kutipan novel sejarah, peserta didik dapat menentukan majas yang dipakai dalam kalimat terakhir kutipan novel sejarah. |
PG |
33 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan kutipan novel sejarah, peserta didik dapat menentukan amanat dalam kutipan novel sejarah tersebut. |
PG |
34 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan teks cerita sejarah, peserta didik dapat
menentukan ciri kebahasaan yang
terdapat pada kutipan teks cerita sejarah tersebut |
PG |
35 |
Teks Cerita
Sejarah |
Disajikan penggalan teks
cerita sejarah peserta didik dapat menentukan struktur teks cerita sejarah tersebut. |
PG |
36 |
Ciri Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
Disajikan penggalan teks
cerita sejarah, peserta didik dapat menentukan hal yang dirujuk pronomina penunjuk ini
dalam teks tersebut. |
PG |
37 |
Ciri Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
Disajikan kalimat
pernyataan, peserta didik dapat menentukan alas an yang sesuai dengan pernyataan tesrebut. |
PG |
38 |
Ciri Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
Disajikan kalimat
pernyataan, peserta didik dapat menentukan alas an yang sesuai dengan pernyataan tesrebut. |
PG |
39 |
Ciri Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
Peserta didik dapat
menentukan salah satu
ciri teks/novel sejarah. |
PG |
40 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.