KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL
BAHASA INDONESIA KELAS XI MIPA & IPS
TAHUN 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI / MIPA & IPS
Bentuk Soal : PG (1- 45), Uraian ( 1– 3 )
Kurikulum : 2013
Penulis Kisi-Kisi : Wardaya
Materi
|
Kelas/
Semester
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Nomor
Soal
|
|
Teks Prosedur
|
XI/1
|
Disajikan kutipan teks prosedur, peserta didik dapat menentukan:
-
Informasi yang tidak terdapat pada teks
prosedur
-
Judul yang tepat untuk teks prosedur tersebut
-
Bukti teks tersebut menggunakan kalimat
imperatif
-
Bukti teks tersebut mengandung konjungsi
urutan waktu
-
Menyebutkan kalimat-kalimat yang merupakan
bagian pernyataan umum
-
Menyebutkan kalimat-kalimat yang merupakan
bagian urutan kerja
|
PG
|
1
2
3
4
5
6
|
|
Teks Prosedur
|
XI/1
|
Disajikan kutipan teks prosedur, peserta didik dapat menentukan:
-
Bagian struktur teks
prosedur
-
Informasi yang paling tepat untuk
mengawali teks prosedur
|
PG
|
7
8
|
|
Teks Prosedur
|
XI/1
|
Disajikan kutipan kalimat-kalimat teks prosedur yang bernomor yang salah satu kalimatnya
rumpang, peserta didik
dapat menentukan:
-
Kata yang tepat untuk mengisi bagian
rumpang
-
Struktur teks prosedur
-
Konjungsi temporal yang ada pada teks
-
Kalimat yang tidak berupa perintah
|
9
10
11
12
|
||
Teks Eksplanasi
|
XI/1
|
Disajikan kutipan teks eksplanasi, peserta didik dapat
menentukan:
-
Bagian struktur teks eksplanasi
-
Bukti paragraf tersebut merupakan
bagian eksplanasi
-
Bukti kausalitas pada teks tersebut
|
PG
|
13
14
15 |
|
Teks
Eksplanasi
|
XI/1
|
Disajikan kutipan teks eksplanasi, peserta didik dapat
menentukan:
-
Topik yang dijelaskan pada teks
-
Bukti teks tersebut merupakan bagian
struktur deret penjelas
-
Simpulan yang tepat
|
PG
|
16
17
18 |
|
Teks Eksplanasi
|
XI/1
|
Disajikan kutipan teks eksplanasi, peserta didik dapat
menentukan:
-
Masalah utama yang dibahas dalam teks
-
Urutan kerangka penyajian teks
|
PG
|
19
20
|
|
Teks Eksplanasi
|
XI/1
|
Disajikan lima topik yang bernomor, peserta didik
dapat menentukan:
-
Topik yang dapat dikembangkan menjadi
teks eksplanasi
|
PG
|
21
|
|
Teks Eksplanasi
|
XI/1
|
Disajikan lima
kalimat kerangka, peserta didik dapat
menentukan:
-
Urutan kerangka yang tepat agar menjadi teks
eksplanasi.
|
PG
|
22 |
|
Teks Ceramah
|
XI/1
|
Disajikan kalimat-kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat
yang tepat untuk mempersilakan seseorang memberikan ceramah.
|
PG
|
23 |
|
Teks Ceramah
|
XI/1
|
Disajikan kalimat-kalimat, peserta didik dapat menentukan pernyataan
yang tepat untuk membuka ceramah.
|
PG
|
24 |
|
Teks Ceramah
|
XI/1
|
Disajikan kalimat-kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat
yang baik digunakan untuk menutup ceramah.
|
PG
|
25 |
|
Teks Ceramah
|
XI/1
|
Disajikan penggalan ceramah, peserta didik dapat menentukan isi pokok
penggalan ceramah.
|
PG
|
26 |
|
Teks Ceramah
|
XI/1
|
Disajikan teks ceramah, peserta didik dapat menentukan:
-
Isi pokok naskah ceramah
-
Kalimat pesan dalam naskah ceramah
-
Kalimat persuasif yang tepat untuk
melengkapi teks ceramah
|
PG
|
27
28
29
|
|
Teks Ceramah
|
XI/1
|
Disajikan kutipan teks ceramah, peserta didik dapat menentukan:
-
Kalimat penutup yang tepat untuk melengkapi
teks
-
Kalimat yang tidak efektif
-
Bagian struktur teks ceramah
|
PG
|
30
31
32
|
|
Teks Ceramah
|
XI/1
|
Disajikan kutipan teks ceramah, peserta didik dapat menentukan:
-
Topik ceramah
-
Kalimat persuasif dalam teks
|
PG
|
33
34
|
|
Unsur Intrinsik Cerpen
|
XI/1
|
Disajikan penggalan cerita, peserta didik dapat menentukan:
-
Sudut pandang yang digunakan
-
Watak tokoh
-
Amanat yang terdapat dalam kutipan
cerita
|
PG
|
36
37
38
|
|
Unsur Intrinsik Cerpen
|
XI/1
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak
tokoh.
|
PG
|
39
|
|
Nilai Kehidupan dalam cerpen
|
XI/1
|
Disajikan penggalan cerita, peserta didik
dapat menentukan nilai moral yang terdapat dalam penggalan cerita.
|
PG
|
40 |
|
Unsur Intrinsik Cerpen
|
XI/1
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan Cara pendeskripsian watak tokoh.
|
PG
|
41
|
|
Unsur Intrinsik Cerpen
|
XI/1
|
Disajikan kutipan cerita, peserta didik dapat
menentukan Unsur
intrinsik yang dominan.
|
PG
|
42 |
|
Ciri Kebahasaan Cerpen
|
XI/1
|
Disajikan sebuah paragraf yang rumpang, peserta didik dapat menentukan ungkapan
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf.
|
PG
|
43 |
|
Ciri Kebahasaan Cerpen
|
XI/1
|
Disajikan sebuah paragraf ilustrasi, peserta didik dapat menentukan peribahasa
yang tepat untuk menggambarkan paragraf tersebut.
|
PG
|
44 |
|
Ciri Kebahasaan Cerpen
|
XI/1
|
Disajikan sebuah paragraf ilustrasi, peserta didik dapat menentukan peribahasa
yang tepat untuk menggambarkan paragraf tersebut.
|
PG
|
45 |
|
U R A I A N
|
|||||
Sumber Belajar
|
|||||
Nilai Kehidupan dalam Cerpen
|
XI/1
|
Peserta didik dapat menyusun sebuah
cerita singkat (minimal lima kalimat) yang mengandung salah satu nilai
kehidupan, kemudian menunjukkan.
|
Blog: wardoyost09.blogspot.com
Judul: Cerita Pendek (Nilai Kehidupan dalam Cerpen)
|
Uraian
|
1
|
Nilai Kehidupan dalam Cerpen
|
XI/1
|
Peserta didik dapat menyusun sebuah
cerita singkat (minimal lima kalimat) yang mengandung salah satu nilai
kehidupan, kemudian menunjukkan.
|
Uraian
|
2
|
|
Unsur Intrinsik Cerpen
Nilai Kehidupan dalam Cerpen
|
XI/1
|
Disajikan cerpen singkat, peserta didik dapat
menentukan:
-
watak tokoh & menunjukkan.
-
sudut pandang yang digunakan &
menunjukkan.
-
satu nilai kehidupan yang terdapat dalam
cerpen kemudian menunjukkan.
-
amanat cerpen dan menunjukkan.
|
Blog: wardoyost09.blogspot.com
Judul: Cerita Pendek (Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen)
|
Uraian
|
3
3A 3B 3C 3D |
Jakarta, 11 November 2018
Penyusun,
Wardaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.